Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group dalam Pembelajaran PAI Kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group dalam Pembelajaran PAI Kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri
|
|
Creator |
Umam, Moh. Latiful
|
|
Description |
Penelitian ini dibingkai dalam topik besar Metode Pembelajaran yang secara khusus melihat praktek pembelajaran di SDN Bandar Kidul 1 Kediri dari komunikasi interpersonal siswa dalam kelas dengan menggunakan metode buzz group. Penelitian ini diharapkan memiliki nilai praktis terhadap pembelajaran PAI. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pelaksanaan metode Diskusi Buzz Group pada Mata Pelajaran PAI di kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri, dan 2). Bagaimana efektifitas Komunikasi Interpersonal siswa pada Mata Pelajaran PAI dalam metode Diskusi Buzz Group di kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri. Lokasi penelitian ini SD Negeri Bandar Kidul 1 Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI SD Negeri Bandar Kidul 1 Kediri. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1). Observasi, (2). Wawancara, (3). Tes, (4). Dokumentasi. Dan teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Maka data terkumpul dianalisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimana ditampilkan dalam Bab II untuk mendapatkan berbagai uraian interperaktif sesuai kaidah penelitian ilmiah yang logis dan rasional atas data yang dikumpulkan. Akhirnya, penelitian ini berhasil memperoleh temuan sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut. 1)pelaksanaan metode diskusi buzz group berjalan lancar, antusias dari anak-anak sangat baik serta memiliki kemanfaatan yang baik dalam kemajuan pemahaman siswa kelas VI pada materi pendidikan agama islam bab sholat tarawih. 2) efektifitasanya siswa pada materi pendidikan agama Islam ada kemajuan dengan menggunakan metode diskusi buzz group serta memperlancar siswa dalam komunikasi di kelas dan memahami materi pelajaran. |
|
Publisher |
Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2017-05-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/370
10.33367/intelektual.v7i1.370 |
|
Source |
Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 7 No. 1 (2017): Intektual:Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
2685-4155 1979-2050 10.33367/intelektual.v7i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/370/288
|
|