Record Details

Membangun Kepribadian Santri Melalui Integrasi Pendidikan di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Membangun Kepribadian Santri Melalui Integrasi Pendidikan di Pesantren Terpadu Daru Ulil Albab Kelutan Ngronggot Nganjuk
 
Creator dan Badrus, Abd. Qodir
 
Description Kepribadian santri yang kokoh harus terus diperkuat dengan berbagai strategi yang
handal. Hal ini penting untuk membentengi pengaruh budaya dari luar, agar para santri
memiliki kepribadian yang tangguh dalam mewujudkan kehidupan mendatang yang
selamat dan sejahtera. Untuk membentuk kepribadian santri yang kuat diperlukan model
pendidikan yang dapat dijamin keberhasilannya. Salah satunya adalah model pendidikan
yang integrative. Namun bagaimana secara operasional model pendidikan integrative ini
membentuk kepribadian santri.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan integrasi
pendidikan di pesantren Daru Ulil Albab, apa target dari praktik Integrasi pendidikan ini,
dan bagaimana upaya pesantren Daru Ulil Albab dalam mencapai target tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan grounded teori (Grounded
Theory Approach) yaitu suatu metode penelitian kualitatif. Sementara metode penggalian
datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya
menggunakan tiga tahap yakni reduksi data (reduction), display data (display), dan
penarikan kesimpulan (conclusion drawing) dari Miles dan Hubberman.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah; integrasi pendidikan di pesantren ini dengan
cara memadukan lima unsur pendidikan. Pertama keterpaduan sarana prasarana. Kedua.
keterpaduan kelembagaan. Ketiga, keterpaduan kurikulum. Keempat, keterpaduan
manajemen. Kelima, Keterpaduan tradisi. Sedang target yang ingin di capai adalah, ?menjadi
pribadi-pribadi yang baik badannya, baik akalnya, dan baik hatinya (sehat hahir dan
bathin), memiliki sistem manajerial yang baik solid dan kuat, memiliki sarana pendidikan
yang memadahi dan lembaga unit yang variatif. Sedang upaya yang dilakukan untuk
mencapai target adalah; optimalisasi kegiatan, optimalisasi pengeloaan dan pengawasan,
pengembangan kelembagaan, dan pengembangan sarana prasarana
 
Publisher Program Pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2017-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/357
10.33367/intelektual.v7i1.357
 
Source Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; Vol. 7 No. 1 (2017): Intektual:Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman; 1-11
2685-4155
1979-2050
10.33367/intelektual.v7i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/357/277