Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter
Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter |
|
Creator |
Taulabi, Imam
Mustofa, Bustomi |
|
Subject |
Dekadensi Moral
Pendidikan Karakter Dekadensi Moral Pendidikan Karakter |
|
Description |
Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi.
Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi. |
|
Publisher |
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2019-01-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/660
10.33367/tribakti.v30i1.660 |
|
Source |
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 30 No. 1 (2019): Jurnal Tribakti; 28-46
2502-3047 1411-9919 10.33367/tribakti.v30i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/660/457
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Imam Taulabi, Bustomi Mustofa
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ |
|