Record Details

Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter

Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter
Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter
 
Creator Taulabi, Imam
Mustofa, Bustomi
 
Subject Dekadensi Moral
Pendidikan Karakter
Dekadensi Moral
Pendidikan Karakter
 
Description Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan  pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi.
Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan  pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2019-01-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/660
10.33367/tribakti.v30i1.660
 
Source Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 30 No. 1 (2019): Jurnal Tribakti; 28-46
2502-3047
1411-9919
10.33367/tribakti.v30i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/660/457
 
Rights Copyright (c) 2019 Imam Taulabi, Bustomi Mustofa
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/