Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal
|
|
Creator |
Istikomah, Istikomah
|
|
Subject |
Integrasi Ilmu
Konsep Pendidikan Islam Ideal |
|
Description |
Artikel ini menjelaskan bahwa untuk mengikis dikotomi ilmu dalam Islam perlu adanya integrasi lembaga pendidikan antara pesantren, madrasah dan sekolah. Integrasi lembaga pendidikan ini kini telah banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan corak pesantren moderen, dimana di dalam pesantren juga berdiri lembaga pendidikan formal baik madrasah maupun sekolah. Lembaga pendidikan yang terintegrasi kini menjadi pendidikan Islam yang ideal, sebab memiliki beberapa keunggulan diantaranya, waktu belajar lebih lama, tradisi pesantren tetap bisa diterapkan, lulusanya memiliki ilmu pengetahuan lebih, sebab ilmu agama dan umunya diberikan dengan porsi yang seimbang, serrta lulusanya bisa bersaing dengan sekolah atau madrasah diluar pesantren.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2017-12-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/490
10.33367/tribakti.v28i2.490 |
|
Source |
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 28 No. 2 (2017): Junal Tribakti; 408-433
2502-3047 1411-9919 10.33367/tribakti.v28i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/490/330
|
|