Record Details

Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal

Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal
 
Creator Istikomah, Istikomah
 
Subject Integrasi Ilmu
Konsep Pendidikan Islam Ideal
 
Description Artikel ini menjelaskan bahwa untuk mengikis dikotomi ilmu dalam Islam perlu adanya integrasi lembaga pendidikan antara pesantren, madrasah dan sekolah. Integrasi lembaga pendidikan ini kini telah banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan corak pesantren moderen, dimana di dalam pesantren juga berdiri lembaga pendidikan formal baik madrasah maupun sekolah. Lembaga pendidikan yang terintegrasi kini menjadi pendidikan Islam yang ideal, sebab memiliki beberapa keunggulan diantaranya, waktu belajar lebih lama, tradisi pesantren tetap bisa diterapkan, lulusanya memiliki ilmu pengetahuan lebih, sebab ilmu agama dan umunya diberikan dengan porsi yang seimbang, serrta lulusanya bisa bersaing dengan sekolah atau madrasah diluar pesantren.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2017-12-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/490
10.33367/tribakti.v28i2.490
 
Source Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 28 No. 2 (2017): Junal Tribakti; 408-433
2502-3047
1411-9919
10.33367/tribakti.v28i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/490/330