Record Details

Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren

Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektifitas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam di Pesantren
 
Creator Arifin, Zaenal
 
Subject Efektifitas
Kepemimpinan
Lembaga Pendidikan Islam
Pesantren
 
Description Artikel ini membahas bagaimana efektifitas kepemimpinan lembaga pendidikan Islam konteks pesantren (khususnya di Jawa). Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan dengan lembaga pendidikan Islam selainnya. Diantara perbedaan tersebut ialah fenomena perilaku kepemimpinan yang dianut oleh pesantren, dimana kepemimpinan pesantren sangat terkesan ottoriter-patternalistik, yaitu kepemimpinan yang semua keputusannya terpusat pada fatwa seorang kyai dan hubungan kyai dan bawahan menunjukkan sifat kekerabatan.
Kerangka teoritik sebagai pisau analisis dalam artikel ini adalah pendekatan manajerial grid, dimana kepemimpinan berkecenderungan pada dua hal, yakni hasil produksi di satu pihak dan kelompok organisasi di pihak lain.
Perilaku kepemimpinan yang dijalankan oleh seorang pemimpin pesantren cenderung menggunakan model kepemimpinan ini tergolong pada perilaku kepemimpinan yang cenderung rendah perhatiannya pada hasil sekaligus rendah perhatiannya pada kekompakan anggota. Sehingga secara rasional perilaku kepemimpinan ini sangat kurang efektif.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2016-01-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/258
10.33367/tribakti.v27i1.258
 
Source Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 27 No. 1 (2016): Jurnal Tribakti; 40 ~ 64
2502-3047
1411-9919
10.33367/tribakti.v27i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/258/201
 
Rights Copyright (c) 2016 Zaenal Arifin
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0