Record Details

REORIENTASI PENDIDIKAN KEINDONESIAAN DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA INDONESIA

Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title REORIENTASI PENDIDIKAN KEINDONESIAAN DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA INDONESIA
 
Creator Abror, Turmudi
 
Description Berbicara tentang nilai budaya lokal sebagai produk kebudayaan komunitas lokal, keberadaannya dalam tataran nation state semakin hilang, apalagi bila dihadapkan pada kondisi masyarakat global. Kebudayaan nasional Indonesia hanyalah sebagai sebuah objek formal, karena objek materialnya sesungguhnya adalah kebudayaan daerah termasuk di dalamnya nilai-nilai pendidikan di daerah.Oleh sebab itulah dalam kajian pemikiran pendidikan Indonesia diperlukan suatu invention of tradition untuk mewujudkan sebuah bangunan keilmuan pendidikan bertipe non western yang berupaya dengan penuh kesadaran melakukan kegiatan kongkret berkelanjutan untuk memperbaiki, merombak, memperbarui tata kehidupan, tata masyarakat atau tata negara yang meneguhkan nilai.Kajian budaya memanfaatkan multidisiplin dalam kajian-kajian perspektif kebudayaan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa kebudayaan memiliki tujuh sektor kebudayaan universal, yaitu kesenian, sistem teknologi, religi, organisasi sosial, sistem pengetahuan, sistem ekonomi, dan bahasa
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2013-03-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/117
10.33367/tribakti.v21i1.117
 
Source Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 21 No. 1 (2010): Jurnal Tribakti
2502-3047
1411-9919
10.33367/tribakti.v21i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/117/110