STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Studi Eksperimen)
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Studi Eksperimen)
|
|
Creator |
Fuad, Jauhar
|
|
Description |
Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda. Strategi pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan proses dan keberhasilan belajar. Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) mengacu pada model pembelajaran yang menempatkan siswa bekerja sama dalam kelompok kecil yang saling membantu dalam belajar. Namun sisi lain ada komponen yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, yaitu: (1) faktor bahan atau hal, yang merupukan in put pokok dalam pelajar; (2) faktor lingkungan yang terdiri: lingkungan fisik dan alami; lingkungan sosial; (3) faktor instrumental yang berupa perangkat keras (hardwere) seperti misalnya; gedung, perlengkapan belajar, media prektikum, dan sebagainya; dan (4) faktor kondisi individual si pelajar yang terdiri dari kondisi fisiologis, seperti kesehatan, pada umumnya gizi, panca indera, dan kondisi psikis seperti perhatian, pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, berfikir, inteligensi, bakat dan motivasi.
|
|
Publisher |
Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
|
|
Date |
2013-03-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/94
10.33367/tribakti.v20i1.94 |
|
Source |
Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 20 No. 1 (2009): Jurnal Tribakti
2502-3047 1411-9919 10.33367/tribakti.v20i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/94/86
|
|