Record Details

STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Studi Eksperimen)

Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Studi Eksperimen)
 
Creator Fuad, Jauhar
 
Description Strategi pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda. Strategi pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan proses dan keberhasilan belajar. Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) mengacu pada model pembelajaran yang menempatkan siswa bekerja sama dalam kelompok kecil yang saling membantu dalam belajar. Namun sisi lain ada komponen yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, yaitu: (1) faktor bahan atau hal, yang merupukan in put pokok dalam pelajar; (2) faktor lingkungan yang terdiri: lingkungan fisik dan alami; lingkungan sosial; (3) faktor instrumental yang berupa perangkat keras (hardwere) seperti misalnya; gedung, perlengkapan belajar, media prektikum, dan sebagainya; dan (4) faktor kondisi individual si pelajar yang terdiri dari kondisi fisiologis, seperti kesehatan, pada umumnya gizi, panca indera, dan kondisi psikis seperti perhatian, pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, berfikir, inteligensi, bakat dan motivasi.
 
Publisher Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
 
Date 2013-03-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/94
10.33367/tribakti.v20i1.94
 
Source Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman; Vol. 20 No. 1 (2009): Jurnal Tribakti
2502-3047
1411-9919
10.33367/tribakti.v20i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/94/86