Record Details

RELIGIOUS CULTURE DI MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Al Kayyis

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RELIGIOUS CULTURE DI MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
 
Creator Ummah, Risalul
 
Description Pendidikan agama pada sekolah dasar menempatkan pada posisi yang paling penting. Hal tersebut didasarkan pada nilai-nilai agama dan budaya luhur bangsa sebagai semangat dalam proses pengelolahan dan pembelajaran yang mengutamakan keteladanan, dalam perilaku dan amalan keagamaan. pada pendidikan nasional dapat berevolusi dengan mengembangkan kurikulum pada sekolah dasar berbasis religious cultur yang mana pada pelaksanaan pendidikan bukan hanya transfer ilmu semata, namun dapat transfer kebudayaan dengan penananaman nilai-nilai, norma-norma, atau adat istiadat. Pengembangan kurikulum kultur budaya Islam dalam proses pembelajaran di kelas atau di sekolah diharapkan dapat dilaksanakan melalui kegiatan yang secara langsung melibatkan peserta didik. Peserta didik sebagai subyek atau pelaku utama akulturasi kebudayaan. Pendidikan moral ini bisa di aplikasikan pada penanaman nilai-nilai agama di sekolah. Perwujudan pendidikan tersebut dapat diselenggarakan pada pendidikan dengan memperhatikan penanaman nilai-nilai religious dalam segala aspek aktivitas belajar. Pada masa pandemi COVID 19 pendidik dapat menyelipkan kutur budaya Islam di sela-sela pembelajaran yang dilakukan secara daring ataupun luring.
 
Publisher Al Kayyis
 
Date 2021-04-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/232
 
Source Al Kayyis; Vol 4 No 1 (2021): April; 1-4
2620-7214
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/232/162
 
Rights Copyright (c) 2021 Al Kayyis