indonesia EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM TANJUNGARUM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2019/2020
Al Kayyis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
indonesia EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA DI MI MIFTAHUL ULUM TANJUNGARUM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN AJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
hasanah, nurul
|
|
Description |
Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia telah memberikan pengaruh pada segala bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Adanya perintah untuk social distancing membuat pemerintah mengambil kebijakan menerapkan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dari rumah untuk menggantikan pembelajaran tatap muka yang selama ini dilakukan. Kebijakan pembelajaran secara daring ini tentu berdampak pada efektivitas pembelajaran apabila belum diikuti oleh kesiapan sekolah, pendidik, dan peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dilihat dari persepsi siswa di MI Miftahul Ulum Tanjungarum, yang sebagian besar berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi kurang mampu dan fasilitas sekolah yang kurang memadai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan metode survei secara online menggunakan instrumen kuisioner melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan memang cukup dapat menggantikan pembelajaran tatap muka, namun apabila dilihat dari efektivitasnya, pembelajaran daring belum mampu membuat tujuan pembelajaran tercapai. Ketidaksiapan guru dan siswa baik dari sisi kemampuan menggunakan teknologi maupun ketersediaan sarana pembelajaran yang memadai, biaya untuk pembelian paket data internet yang terbatas, dan belum mampunya siswa beradaptasi dengan metode pembelajaran yang baru untuk dapat menghadirkan kondisi kelas yang kondusif dan efektif secara virtual menjadi faktor yang membuat pembelajaran daring belum efektif dilaksanakan. Hal inilah yang menjadi alasan mereka untuk lebih memilih pembelajaran tatap muka agar segera dapat kembali diterapkan apabila pandemi COVID-19 berakhir.
|
|
Publisher |
Al Kayyis
|
|
Date |
2021-10-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/198
|
|
Source |
Al Kayyis; Vol 3 No 2 (2020): September; 76-88
2620-7214 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/198/139
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Al Kayyis
|
|