Record Details

Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri Guru dengan Kemandiirian Belajar Siswa

Al Kayyis

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri Guru dengan Kemandiirian Belajar Siswa
 
Creator Bastian, A. Fandi
Hasanah, Uswatun
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis:1) Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri Guru dengan Kemandirian Belajar siswa kelasIV dan V di MI Al Fatah Sebani Tarik Sidoarjo .Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah 83 siswa. Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa: pertama, ada hubungan positif yang signifikan dengan derajat rendah antara pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas IV dan V di Mi Al fatah Tarik Sidoarjo. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai koefisien korelasi (rxy) antara Pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar adalah 0.228 dan Fhitung (FChange) = 4.457 dan p-value = 0.038<0.05 . Dengan demikian koefisien korelasi antara Pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar adalah signifikan kategori rendah. Ketentuannya adalah tolak Ho jika thitung < ttabel dan terima Ho jika thitung > ttabel. Dari tabelĀ  4.22 di bawah ini nanti diketahui bahwa thitung sebesar 2.111 sedangkan ttabel adalah 1.667. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa thitung > ttabel (2.111 > 1.667) .dan dapat dijelaskan bahwa nilai koefisien korelasi (rxy) antara konsep diri guru dengan kemandirian belajar adalah 0.476 dan Fhitung (FChange) = 23.771 dan Ftabel = 3.99 dengan p-value = 0.000<0.05 . Dengan demikian koefisien korelasi antara konsep diri guru dengan kemandirian belajar adalah signifikan kategori agak rendah.
 
Publisher Al Kayyis
 
Date 2020-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/129
 
Source Al Kayyis; Vol 2 No 1 (2019): April; 82-104
2620-7214
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/129/86
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Kayyis