Pola Berpikir Kritis Siswa Pada Kemampuan Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Ar-Rohma Batu
Al Kayyis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pola Berpikir Kritis Siswa Pada Kemampuan Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Ar-Rohma Batu
|
|
Creator |
Ummah, Risalul
|
|
Description |
Berpikir kritis merupakan pembentukan kemampuan mental kognitif siswa pada aspek logika seperti pemberian argumentasi, menarik kesimpulan dan pernyataan yang proposional. Berpikir kritis akan berguna dalam menyelesaikan masalah. Hal itu disebabkan, ketika anak dihadapkan pada sebuah masalah untuk dipecahakan, saat itu kondisi kognisi anak mengalami disequilibrium. Disequilibrium terjadi pada anak menimbulkan proses terjadinya asimilasi dan komodasi. Proses tersebut terjadi secara terus menerus hingga pada equilibrium. Hal tersebut secara tidak langsung terjadinya proses berpikir kritis siswa pada kemampuan menyelesaikan soal pemecahan masalah matemtika. Kemampuan matematika dalam memecahkan masalah melalui berpikir kritis terdapat perbedaan. Sejalan dengan pemikiran Polya yang menyatakan bahwasanya kemampuan pemecahan masalah masalah matematika siswa dibedakan menjadi tiga yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola berpiki kritis siswa pada kemampuan matematika.
|
|
Publisher |
Al Kayyis
|
|
Date |
2020-09-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/126
|
|
Source |
Al Kayyis; Vol 2 No 1 (2019): April; 1-38
2620-7214 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/126/83
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Al Kayyis
|
|