Record Details

Pola Berpikir Kritis Siswa Pada Kemampuan Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Ar-Rohma Batu

Al Kayyis

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pola Berpikir Kritis Siswa Pada Kemampuan Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Ar-Rohma Batu
 
Creator Ummah, Risalul
 
Description Berpikir kritis merupakan pembentukan kemampuan mental kognitif siswa pada aspek logika seperti pemberian argumentasi, menarik kesimpulan dan pernyataan yang proposional. Berpikir kritis akan berguna dalam menyelesaikan masalah. Hal itu disebabkan, ketika anak dihadapkan pada sebuah masalah untuk dipecahakan, saat itu kondisi kognisi anak mengalami disequilibrium. Disequilibrium terjadi pada anak menimbulkan proses terjadinya asimilasi dan komodasi. Proses tersebut terjadi secara terus menerus hingga pada equilibrium. Hal tersebut secara tidak langsung terjadinya proses berpikir kritis siswa pada kemampuan menyelesaikan soal pemecahan masalah matemtika. Kemampuan matematika dalam memecahkan masalah melalui berpikir kritis terdapat perbedaan. Sejalan dengan pemikiran Polya yang menyatakan bahwasanya kemampuan pemecahan masalah masalah matematika siswa dibedakan menjadi tiga yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola berpiki kritis siswa pada kemampuan matematika.
 
Publisher Al Kayyis
 
Date 2020-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/126
 
Source Al Kayyis; Vol 2 No 1 (2019): April; 1-38
2620-7214
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/126/83
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Kayyis