Kreativitas dan Inovasi Guru Tingkat Dasar dalam Melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh
Al Kayyis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kreativitas dan Inovasi Guru Tingkat Dasar dalam Melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh
|
|
Creator |
Nursita, Dwi Indah
|
|
Description |
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan yang berlangsung di sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. Sejak mulai bulan Maret 2020, kegiatan sekolah dilakukan dengan cara Pendidikan Jarak Jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah PJJ, dimana semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara online atau lebih dikenal dengan belajar dari rumah. Hal ini terpaksa dilakukan demi mencegah penularan virus Covid 19 di sekolah dimana sekolah menjadi salah satu tempat yang sangat rentan dalam penularan Covid 19. Belajar menjadi salah satu langkah untuk tetap optimis terlebih para guru karena pada dasarnya seorang guru itu belajar untuk mengajar. guru perlu belajar bagaimana berkolaborasi dengan guru lain, belajar bagaimana menggunakan teknologi dan lain sebagainya. Pendidik harus mempersiapkan diri dengan baik terhadap situasi dan tantangan apapun yang ada, harus tetap optimis dan semangat dalam menghadapinya demi masa depan peserta di negeri ini. Dengan kata lain, guru juga hendaknya semakin kreatif mencari, menemukan, mencipta dan sekaligus menerapkan gagasan, ide maupun inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kreativitas dan inovasi guru tingkat dasar dalam melaksanakan pendidikan jarak jauh di kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan inovasi guru tingkat dasar dalam melaksanakan pendidikan jarak jauh di kota Malang sangatlah beragam. Guru berinovasi sesuai kreativitas masing-masing dengan membuat berbagai pembaharuan dalam proses pembelajaran. Ada yang menggunakan aplikasi e-learning, video conferences melalui aplikasi zoom, membuat games seperti quizizz, membuat googleform sebagai alat evaluasi diakhir pembelajaran, guru tingkat dasar di kota Malang juga mulai membuat inovasi baru dengan membuat video youtube tentang materi-materi pembelajaran dengan cara berkolaborasi dengan guru-guru lainnya. Hal tersebut dilakukan guru tingkat dasar semata-mata agar peserta didik tidak merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran jarak jauh, selalu antusias, tidak meremehkan pelajaran, dan tetap dapat memahami materi yang sudah dipelajari dengan baik.
|
|
Publisher |
Al Kayyis
|
|
Date |
2020-09-08
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/112
|
|
Source |
Al Kayyis; Vol 3 No 2 (2020): September; 44-63
2620-7214 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/112/66
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Al Kayyis
|
|