Record Details

Konstruktivisme, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Implementasinya di Tingkat Sekolah Dasar

Al Kayyis

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konstruktivisme, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Implementasinya di Tingkat Sekolah Dasar
 
Creator Oktarianto, M Luthfi
 
Description ini bertujuan untuk membahas implementasi materi Ilmpu Pengetahuan Alam serta kedudukan materi tersebut di tingkat sekolah dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Data berasal dari berbagai buku teori filsafat ilmu dan buku tentang keilmuan pendidikan dasar serta ilmu pengetahuan alam yang dihubungkan satu sama lain. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 memberikan kebebasan dalam memilih metode yang digunakan setiap pembelajaran sehingga pendidik dapan memberikan kontribusi dalam mencetah generasi baru Indonesia yang memahami Ilmu Pendidikan Alam hingga dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat komponen terpenting dari konstruktivisme ini memerlukan semangat belajar dari perserta didik, pendidik diharapkan dalam menunjang keberhasilan suatu pembelajaran konstruktivisme, diperlukan kemampuan dalam memilih sebuah model pembelajaran yang efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis konstruktivisme.
 
Publisher Al Kayyis
 
Date 2020-09-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/111
 
Source Al Kayyis; Vol 3 No 2 (2020): September; 38-43
2620-7214
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/111/65
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Kayyis