Konstruktivisme, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Implementasinya di Tingkat Sekolah Dasar
Al Kayyis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Konstruktivisme, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Implementasinya di Tingkat Sekolah Dasar
|
|
Creator |
Oktarianto, M Luthfi
|
|
Description |
ini bertujuan untuk membahas implementasi materi Ilmpu Pengetahuan Alam serta kedudukan materi tersebut di tingkat sekolah dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi pustaka. Data berasal dari berbagai buku teori filsafat ilmu dan buku tentang keilmuan pendidikan dasar serta ilmu pengetahuan alam yang dihubungkan satu sama lain. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 memberikan kebebasan dalam memilih metode yang digunakan setiap pembelajaran sehingga pendidik dapan memberikan kontribusi dalam mencetah generasi baru Indonesia yang memahami Ilmu Pendidikan Alam hingga dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat komponen terpenting dari konstruktivisme ini memerlukan semangat belajar dari perserta didik, pendidik diharapkan dalam menunjang keberhasilan suatu pembelajaran konstruktivisme, diperlukan kemampuan dalam memilih sebuah model pembelajaran yang efektif dalam mendukung pembelajaran berbasis konstruktivisme.
|
|
Publisher |
Al Kayyis
|
|
Date |
2020-09-08
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/111
|
|
Source |
Al Kayyis; Vol 3 No 2 (2020): September; 38-43
2620-7214 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/111/65
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Al Kayyis
|
|