Record Details

Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dan Lingkungan Belajar Terhadap Budaya Literasi Siswa

Al Kayyis

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dan Lingkungan Belajar Terhadap Budaya Literasi Siswa
 
Creator Nirwana, Rofiqoh
 
Description Kepemimpinan transformatif memiliki sensitivitas terkait pengembangan iklim budaya, sehingga berpengaruh terciptanya budaya literasi. Membangun budaya literasi juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan fisik, sosial dan afektif serta lingkungan akademik yang literat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kepemimpinan transformatif Kepala Madrasah dan lingkungan belajar terhadap budaya literasi siswa baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Dan VI yang berjumlah 78 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier. Dari hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kepemimpinan transformatif Kepala Madrasah terhadap budaya literasi siswa 2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap budaya literasi siswa. 3) Terdapat pengaruh kepemimpinan transformatif kepala madrasah dan lingkungan belajar secara simultan terhadap budaya literasi siswa. Maka diharapkan bagi Kepala Madrasah  hendaknya meningkatkan kualitas kepemimpinannya sehingga dapat menjadi teladan bagi siswa khususnya terkait kegiatan literasi, bagi guru seharusnya mampu menjadi motor penggerak dalam meningkatkan budaya literasi siswa melalui peningkatan dan modifikasi lingkungan belajar yang literat.
 
Publisher Al Kayyis
 
Date 2020-05-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/82
 
Source Al Kayyis; Vol 3 No 1 (2020): april; 20-37
2620-7214
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis/article/view/82/44
 
Rights Copyright (c) 2020 Al Kayyis
http://ejournal.iaiuluwiyah.ac.id/index.php/kayyis