Record Details

Rancang Bangun Game Edukasi "Wawasan Islami" Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Unity 3D

Informatics, Electrical and Electronics Engineering (Infotron)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Rancang Bangun Game Edukasi "Wawasan Islami" Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Unity 3D
 
Creator Setiawan, Salman Al Farisi
Afroni, Mohammad Jasa
Wirateruna, Efendi S
 
Description Penelitian ini membahas mengenai perancangan game edukasi untuk anak usia 4-12 tahun di desa Candikuning II, pembangunan aplikasi ini dilakukan untuk berfokus pada media pembelajaran agama berbasis Android, game edukasi “Wawasan Islami” ini dibangun untuk dijadikan sebagai metode pembelajaran agama untuk anak usia dini di desa Candikuning II. Metode penelititan yang diterapkan untuk pengembangan aplikasi adalah metode Waterfall dengan melalui 5 tahapan yaitu Analisis Kebutuhan (Requirement), Perancangan (Design), Penerapan (Impelementation), Pembuktian (Verification) dan Pemeliharaan (Maintenance). Dalam merancang game edukasi ini menggunakan Blender untuk perancangan karakter dan pembuatan gerakan animasinya dan menggunakan Unity untuk game engine. Teknik pengumpulan data menggunakan google forms dengan subjek penelitian untuk anak usia 4-12 tahun. Hasil dari penelitian ini, ialah: (a) Game edukasi “Wawasan Islami” adalah metode pembelajaran agama yang menggunakan Unity 3D. (b) Pengujian kepada ahli media guna menilai tingkat kelayakan game didapatkan hasil sangat layak dengan presentasi kelayakan 89% dan dari hasil pengujian pengguna dengan rentang usia 4-12 tahun didapatkan hasil sangat layak dengan presentasi kelayakan 93,5%. Berdasarkan hasil pengujian ahli media dan pengguna dapat disimpulkan bahwa game edukasi “Wawasan Islami” ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran agama untuk anak-anak di desa Candikuning II.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor M. Jasa' Afroni, S.T, M.T, Ph.D dan Efendi S Wirateruna, S.T, M.Sc
 
Date 2021-10-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/INFOTRON/article/view/14761
10.33474/infotron.v1i2.14761
 
Source Informatics, Electrical and Electronics Engineering (Infotron); Vol 1, No 2 (2021): infotron vol 1 no 2; 79-87
2798-0197
10.33474/infotron.v1i2
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/INFOTRON/article/view/14761/11149
 
Rights Copyright (c) 2022 Informatics, Electrical and Electronics Engineering