Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar
|
|
Creator |
Suhartoyo, Eko
Wailissa, Sitti Ainun Jalarwati, Saika Samsia, Samsia Wati, Surya Qomariah, Nur Dayanti, Elly Maulani, Imas Mukhlish, Imam Rizki Azhari, Muhammad Holqi Muhammad Isa, Hidayatulloh Maulana Amin, Ilham |
|
Subject |
—
pembelajaran kontekstual; merdeka belajar |
|
Description |
Gagasan merdeka belajar yang disampaikan oleh Mendikbud bahwa salah satunya adalah pembelajaran itu harus menyenangkan, tidak membuat peserta didik merasa tertekan, peserta didik bebas memilih arah kreatifitas mereka sendiri. Adapun peran seorang guru tidak lagi menjadi satu satunya sumber belajar, sebaliknya seorang guru yang dapat membantu peserta didik menemukan bakat mereka sendiri. Desa Sukorejo masih banyak memiliki lingkungan yang pure belum banyak diubah oleh teknologi, kemerdekaan belajar dapat diwujudkan melalui pembeljaran kontekstual learning dengan cara guru menggunakan pendekatan humanis. Peserta didik di berikan materi yang hubungannya dekat dengan lingkungan mereka. Kemerdekaan belajar memang seharusnya diterapka dilingkungan belajar peserta didik, karena hal ini sangat menentukan output sekolah, terlebih jika peserta didik dipandang sebagai insan kamil, bukan sebauh robot yang harus memenuhi perintah tuannya sama persis 100%.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588
10.33474/jp2m.v1i3.6588 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); Vol 1, No 3 (2020): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); 161 - 164
27215148 27215156 10.33474/jp2m.v1i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588/7200
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
|
|