Record Details

Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar
 
Creator Suhartoyo, Eko
Wailissa, Sitti Ainun
Jalarwati, Saika
Samsia, Samsia
Wati, Surya
Qomariah, Nur
Dayanti, Elly
Maulani, Imas
Mukhlish, Imam
Rizki Azhari, Muhammad Holqi
Muhammad Isa, Hidayatulloh
Maulana Amin, Ilham
 
Subject
pembelajaran kontekstual; merdeka belajar
 
Description Gagasan merdeka belajar yang disampaikan oleh Mendikbud bahwa salah satunya adalah pembelajaran itu harus menyenangkan, tidak membuat peserta didik merasa tertekan, peserta didik bebas memilih arah kreatifitas mereka sendiri. Adapun peran seorang guru tidak lagi menjadi satu satunya sumber belajar, sebaliknya seorang guru yang dapat membantu peserta didik menemukan bakat mereka sendiri. Desa Sukorejo masih banyak memiliki lingkungan yang pure belum banyak diubah oleh teknologi, kemerdekaan belajar dapat diwujudkan melalui pembeljaran kontekstual learning dengan cara guru menggunakan pendekatan humanis. Peserta didik di berikan materi yang hubungannya dekat dengan lingkungan mereka. Kemerdekaan belajar memang seharusnya diterapka dilingkungan belajar peserta didik, karena hal ini sangat menentukan output sekolah, terlebih jika peserta didik dipandang sebagai insan kamil, bukan sebauh robot yang harus memenuhi perintah tuannya sama persis 100%.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588
10.33474/jp2m.v1i3.6588
 
Source Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); Vol 1, No 3 (2020): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); 161 - 164
27215148
27215156
10.33474/jp2m.v1i3
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/6588/7200
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)