Record Details

Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Marketplace

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Marketplace
 
Creator Fakhriyyah, Dewi Diah
Sari, Arista Fauzi Kartika
Damayanti, Lucky Ayu
Susilawati, Mardhani
 
Subject ekonomi, manajemen, pemasaran,
pandemi covid-19; UMKM; marketplace; pangsa pasar; marketing
 
Description Pandemi Covid-19 memberikan dampak di berbagai aspek, salah satunya yaitu aspek ekonomi. Menjadi suatu tantangan baru, khususnya bagi para pelaku UMKM agar bisa mempertahankan ekonomi di tengah pandemi saat ini. Tidak sedikit UMKM yang menjadi pasif bahkan terpaksa terhenti akibat terdampak pandemi Covid-19. Keputusan pemerintah dalam memberlakukan pembatasan kegiatan secara tidak langsung menyebabkan daya beli konsumen melemah, sehingga itu juga berdampak pada turunnya tingkat penjualan produk-produk UMKM, belum lagi jika mereka (pelaku UMKM) harus menghadapi persaingan pasar. Selain itu, yang menjadi kendala adalah tidak semua pelaku UMKM melek teknologi, sedangkan di masa pandemi seperti saat ini semuanya dijangkau serba online, khususnya para konsumen lebih memilih membeli kebutuhan mereka secara online. Maka dari itu, kami mencoba untuk membantu salah satu UMKM di Desa Sumbersekar, Kec. Dau, Kab. Malang, Jawa Timur, yaitu UMKM yang memproduksi telur asin dalam upaya meningkatkan penjualan dengan memperluas pangsa pasar melalui pemanfaatan marketplace. Pada tahap pertama, kami melakukan sosialisasi atau pengenalan terkait berbagai macam platform (marketplace) terkini beserta masing-masing keunggulannya. Pada tahap kedua, kami membantu pelaku UMKM dalam pembuatan akun merchant pada marketplace dan akun media sosial terkini yang dapat menunjang perluasan pangsa pasar serta memudahkan pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya. Pada tahap ketiga, kami menjelaskan kepada pelaku UMKM tentang bagaimana cara mengelola akun marketplace dengan baik, serta pentingnya melakukan promosi atau iklan secara berkala guna meningkatkan engagement rate. Harapan kami, setelah melakukan berbagai tahapan di atas dapat membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualannya, serta mempertahankan usahanya di tengah pandemi covid-19.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor LPPM Universitas Islam Malang
 
Date 2021-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
ceramah, sosialisasi
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13197
10.33474/jp2m.v2i3.13197
 
Source Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); Vol 2, No 3 (2021): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); 180-187
27215148
27215156
10.33474/jp2m.v2i3
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13197/10609
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)