Record Details

Edukasi Pentingnya Pembukuan bagi Para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Edukasi Pentingnya Pembukuan bagi Para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
 
Creator Nasyi'ah, Eny Zuhrotin
Safitri, Ellyn Agna
 
Subject
pembukuan; edukasi; UMKM; desa gili ketapang
 
Description Desa Gili Ketapang merupakan salah satu pulau yang berada di Kabupaten Probolinggo. Dalam program KSM-Tematik (Kandidat Sarjana Mengabdi), yang kami pilih adalah 1 mitra usaha olahan makanan. Setelah melakukan survey terhadap mitra UMKM, tim pengabdian masyarakat menemukan beberapa permasalahan, di antaranya : rendahnya tingkat penegetahuan mitra usaha terhadap tata cara pembukuan yang benar dan sesuai dengan prinsip akuntansi, teknik pemasaran secara online, dan kemasana produk yang menarik. Oleh karena itu, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pendampingan UMKM kepada mitra. Metode pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat skema KSM (Kandidat Sarjana Mengabdi) ini, antara lain: 1) Sosialisasi dan edukasi tentang  dasar-dasar pembukuan, menghitung  harga pokok produksi  sebelum menentukan harga jual dan cara menghitung laba yang tepat dan 4) pendampingan tentang teknik packing product modern dan pemasaran dengan media digital marketing. Kami menyimpulkan bahwa UMKM selama ini tidak melakukan pembukan, oleh karenanya kedepannya UMKM harus melakukan  agar terbiasa dan mempunyai laporan keuangan
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13365
10.33474/jp2m.v2i3.13365
 
Source Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); Vol 2, No 3 (2021): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); 216-220
27215148
27215156
10.33474/jp2m.v2i3
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13365/10615
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)