Platfrorm Aexi.id untuk Ekspor Produk UMKM “Kayu Elit” guna Menunjang Ekonomi Kreatif
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Platfrorm Aexi.id untuk Ekspor Produk UMKM “Kayu Elit” guna Menunjang Ekonomi Kreatif
|
|
Creator |
Hardaningtyas, Ratna Tri
Ardhianto, Kevin Awaldza Styagung, Avid |
|
Subject |
—
UMKM; kayu elit; ekspor; Aexi.id |
|
Description |
Kerajinan dari bahan baku kayu bisa dijadikan sebagai nilai untuk menghasilkan profit yang besar dalam hal lain kayu tersebut dijadikan kerjinan atau industri rumah tangga. Kerajianan tersebut berasal dari desa pandansari bisa juga dibuat oleh-oleh pernikahan dan merupakan salah satu aset sentra UMKM dari desa pandansari yang secara harfiah membangkitkan ekonomi kreatif juga yang biasanya digunakan pada acara suku tengger adat lainnya. Desa Pandansari merupakan salah satu desa sebagai penghasil kerajinan di Kabupaten Malang. Selama masa pandemi Covid-19, industri handycraft “kayu elit” di Desa Pandansari mengalami penurunan pemesanan sehingga kehilangan omzet sampai 50% dari biasanya. Hal ini didukung dengan minimnya pengetahuan masyarakat pandansari mengenai strategi pemasaran dan teknologi dalam memasarkan produk. Untuk itu diperlukan pelatihan pengelolaan marketplace Aexi.id bagi pengrajin “kayu elit” dan masyarakat Desa Pandasari melalui program tim pengabdian KSM Tematik Universitas Islam Malang. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan pemanfaatan marketplace berbasis teknologi fokus pada pasar global. Aexi.id untuk pemasaran “Kayu Elit” handycraft agar pemasaran “Kayu Elit” handycraft dapat mencakup pasar yang lebih luas dan mampu bersaing dengan produk lainnya. Metode yang digunakan adalah metode ceramah diantaranya pengumpulan data melalui wawancara, perencanaan dan pelaksanaan kegiatan. Analisis penelitian menggunakan analisis SWOT untuk memberikan gambaran secara umum atas pelaksanaan pelatihan marketplace Aexi.id. Setelah dilaksanakannya pelatihan terlihat dari hasil pre-test dan post-test yang telah dilakukan bahwa masyarakat Desa Pandansari mampu memahami materi dan mengaplikasikannya secara langsung menggunakan aplikasi Aexi.id, serta dapat diterapkan dalam skala berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan penjualan “Kayu Elit” handycraft selama masa pandemi.
|
|
Publisher |
Universitas Islam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-11-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13227
10.33474/jp2m.v2i3.13227 |
|
Source |
Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); Vol 2, No 3 (2021): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); 255-263
27215148 27215156 10.33474/jp2m.v2i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/13227/10622
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
|
|