Record Details

Memaksimalkan Metode Pembelajaran Secara Daring Ditengah Wabah Covid-19

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Memaksimalkan Metode Pembelajaran Secara Daring Ditengah Wabah Covid-19
 
Creator Ilyas, Taufiq Rahman
Rahman, Alvin Nur Chahya
Putri, Riska Aisyah
Maghfiroh, Rofiatul
Aldino, Riski Nanda
Putri, Rulita Risfatma
Wibowo, Roudhotul Angelika
Kusumawati, Lina
Syarifah, Chillatus
Permana, Devi
Faradiba, Sukma
 
Subject
metode; pembelajaran daring; pandemi covid 19
 
Description Pendidikan sangatlah penting untuk menunjang generasi bangsa yang berkualitas dan unggul. Oleh sebab itu pendidikan harus tetap dilaksanakan walaupun dalam  keadaan yang bagaimanapun, dalam hal ini pemerintah mewajibkan para anak bangsa untuk menempuh pendidikan selama 12 tahun. Dengan adanya virus Covid 19 ini sistem pendidikan yang biasa dilakukan secara normal menjadi terganggu atau terpaksa diberhentikan guna memutus tali persebaran Covid 19. Melihat hal tersebut semakin menurunya kualitas pendidikan di Indonesia maka dari itu metode pendidikan harus tetap dilakukan walupun tidak dengan keadaan normal atau tatap muka. Maka dari itu menteri pendidikan memberikan penyelesaian atas masalah tersebut dengan memunculkan metode baru yang biasa disebut dengan “metode daring”. Metode daring adalah sebuah metode pembelajaran yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi seperti goolel meet, zoom dst. Dengan adanya metode daring tersebut maka proses pemebelajaran tetap terlaksanan tanpa adanya kereaguan tertular virus Covid 19 . Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak  mampu dalam melaksanakan metode tersebut dikarenakan biaya kuota yang besar atau tidak memiliki media elektronik, sehingga bisa disimpulkan bahwa metode daring tersebut belum sepenuhnya berjalan secara maksimal pada masyarakat desa.
 
Publisher Universitas Islam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-07-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article

 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/8856
10.33474/jp2m.v2i1.8856
 
Source Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); Vol 2, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M); 7-10
27215148
27215156
10.33474/jp2m.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/8856/8798
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0