Pembelajaran Aswaja Bagi Kaum Rebahan Berbasis Multidisipliner
An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pembelajaran Aswaja Bagi Kaum Rebahan Berbasis Multidisipliner
|
|
Creator |
Rahmat, Rahmat
|
|
Subject |
Pembelajaran, Aswaja, Kaum Rebahan, Multidisipliner
|
|
Description |
Aswaja sebutan singkat dari Ahlus Al-Sunnah wal Al-Jama’ah, yang berartikan golongan atau kelompok yang mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW serta mencintai kebersamaan merupakan sebuah paham tandingan untuk paham-paham yang meragukan seperti paham Mu’tazilah. Akan tetapi paham Aswaja kini sangat meperihatinkan, hal ini disebabkan banyaknya aliran-aliran baru dalam Islam yang juga mengatasnamakan berpaham Aswaja. Sehingga dari problem ini perlu dirumuskan pendidikan Aswaja khususnya bagi kaum rebahan. Adapun kaum rebahan yang dimaksudkan adalah masyarakat 4.0 dan atau 5.0 yang hidup berdampingan dengan teknologi. Begitu termanjakannya masyarakat era 4.0 sehingga dengan ‘rebahan’ masyarakat termudahkan dan atau termanjakan dengan adanya layanan berbasis digital di sekitarnya, sekilas pemandangan yang demikian baik-baik saja namun pada kenyataannya perlu diantisipasi terlebih khusus dalam hal pemahaman aqidahnya. Kemudahan akses terhadap informasi apapun tidak terkecuali pemahaman aqidah yang direkomendasikan maupun yang terlarang akan sangat cepat didapatkan. Ini artinya harus diupayakan desain pendidikan dan atau pembelajaran yang sistemik terkait Aswaja bagi kaum rebahan tersebut agar paham Aswaja yang merupakan aqidah yang direkomendasikan dapat diakses dengan mudah oleh mereka. Oleh karenanya tulisan ini memilih metode penelitian yang tepat guna yakni jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literasi yang pada praktiknya melakukan telaah terhadap teks-teks karya ilmiah semisal jurnal ilmiah, tugas akhir, serta buku-buku dan analisis mendalam berdasarkan beberapa disiplin ilmu diantaranya psikologi, ekonomi dan ilmu teknologi informasi dan komunikasi. Adapun penelitian ini menghasilkan sistem pembelajaran berbasis diktat/bahan ajar dengan telaah multidisipliner sangat bermanfaat dalam praktik pembelajaran Aswaja bagi kaum rebahan (masyarakat 4.0/5.0).
|
|
Publisher |
An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-04-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/10742
|
|
Source |
An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja; Vol 1, No 1 (2021): An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja; 74-88
|
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/10742/8439
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja
|
|