Record Details

Kajian Kritis Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Nilai-Nilai Aswaja

An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kajian Kritis Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Nilai-Nilai Aswaja
 
Creator Yunus, Muhammad
 
Subject Aswaja, Pendidikan Karakter, Pendidikan
 
Description Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan karakter dalam perspektif nilai-nilai aswaja. Tujuan utamanya adalah mengelaborasi konsep pendidikan karakter yang diimplementasikan di Indonesia dan melihat nilai-nilai karakter tersebut dalam perspektif nilai-nilai aswaja. Metode yang dipakai adalah kajian pustaka dengan telaah kritis terhadap nilai-nilai pendidikan karakter bangsa dan nilai-nilai aswaja. Ditemukan bahwa ada relefansi atau keterikatan antara nilai-nilai aswaja dalam nilai-nilai pendidikan karakter. Lima pendidikan karakter bangsa dan lima nilai-nilai aswaja memiliki nilai-nilai yang relefan dan tidak bertentangan satu dengan lainnya. Artinya adalah jika pendidikan mampu menginternalisasikan nilai-nilai tersebut akan mampu mengantarkan peserta didik memiliki karakter sesuai dengan yang diharapkan, menjadi generasi bangsa yang ideal; toleran, harmoni, dan sebagainya. Disarankan pendidikan untuk terus memhembuskan baik nilai-nilai karakter aswaja ataupun karakter bangsa tersebut dalam proses pembelajaran sehingga mampu membentuk karakter anak bangsa yang toleran, terampil, terdidik, dan berdaya saing.
 
Publisher An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja
 
Contributor
 
Date 2021-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/10725
 
Source An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja; Vol 1, No 1 (2021): An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja; 11-23
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/nahdloh/article/view/10725/8431
 
Rights Copyright (c) 2021 An Nahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja