PERSEPSI PELAKU UMKM DAN SOSIALISASI SAK EMKM TERHADAP DIBERLAKUKANNYA LAPORAN KEUANGAN YANG BERBASIS SAK EMKM 1 JANUARI 2018 (Studi Kasus Pelaku UMKM Se-Malang)
Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERSEPSI PELAKU UMKM DAN SOSIALISASI SAK EMKM TERHADAP DIBERLAKUKANNYA LAPORAN KEUANGAN YANG BERBASIS SAK EMKM 1 JANUARI 2018 (Studi Kasus Pelaku UMKM Se-Malang)
|
|
Creator |
Badria, Nuril
Diana, Nur |
|
Description |
ABSTRACTPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan persepsipelaku UMKM terhadap diberlakukannya Laporan keuangan yang berbasis SAKEMKM 1 Januari 2018 serta mensosialisasikan SAK EMKM terhadp pelakuUMKM yang belum mengetahui SAK EMKM. Data yang digunakan dalampenelitian ini adalah data Primer, populasi penelitian yaitu pelaku UMKM dimalang sedangkan sampel penelitian yang diambil adalah pelaku UMKM bidangmakanan dan minuman. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakanmetode purposive sampling. Hasil yang diperoleh dengan menggunakan ujiregresi linier berganda Y= 7.963 + 0,463 X1 + 0,594 X2, dan uji dari penelitianini menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsialpersepsi pelaku UMKM dan Sosialisasi SAK EMKM berpengruh signifikanterhadap penggunaan SAK EMKM.Kata kunci : Persepsi, Sosialisasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, SAKEMKMABSTRACTThis study aims to determine the differences of perceptions of SMEs to theimplementation of Financial Statements based on SAK EMKM January 1, 2018and socialize SAK EMKM to SMEs perpetrators who do not know SAK EMKM.The data used in this study is Primary data, the study population is theperpetrators of SMEs in Malang while the sample research taken is theperpetrators of SMEs in the field of food and beverages. The sampling techniquewas conducted using purposive sampling method. The result obtained by usingmultiple linear regression test Y = 7.963 + 0,463 X1 + 0,594 X2, and test of thisresearch use t test. The results of this study indicate that partially perceptions ofSMEs and Socialization of SAK EMKM significantly influenced the use of SAKEMKM.Keywords: Perception, Socialization, Micro Small and Medium Enterprises,SAK EMKM
|
|
Publisher |
Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-02-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/899
|
|
Source |
Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi; Vol 7, No 01 (2018): e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi Februari 2018
2302-7061 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/899/889
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Akuntansi
|
|