Record Details

KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MTS AL-MAARIF KELAS VII BOCEK KARANGPLOSO MALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MTS AL-MAARIF KELAS VII BOCEK KARANGPLOSO MALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
Creator Win, Wiwin
 
Description Abstrak: Penelitian ini membahas ketidaksantunan berbahasa, tujuan penelitian ini adalah (1) jenis-jenis ketidaksantunan berbahasa yang digunakan di dalam kelas saat pembelajaran bahasa Indonesia antara guru dengan siswa, (2) mendeskripsikan wujud bahasa dan maksud bahasa kesembronoan, wujud bahasa dan maksud bahasa memain-mainkan muka, wujud bahasa dan maksud melecehkan muka. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian yang dihasilkan berupa kata-kata atau kalimat yang dituturkan guru dan siswa di dalam kelas saat pelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah (1) Perekaman, (2) Pengecekan Rekaman Video, (3) Transkip Data, (4) Analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketidaksantunan di dalam kelas sering terjadi antara guru dan siswa saat pembejalaran berlangsung.Kata kunci: ketidaksantunan berbahasa Indonesia, pembelajaran, konteks tuturan
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-07-21
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6980
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6980/5748
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran