KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MTS AL-MAARIF KELAS VII BOCEK KARANGPLOSO MALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KETIDAKSANTUNAN BERBAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN MTS AL-MAARIF KELAS VII BOCEK KARANGPLOSO MALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
|
|
Creator |
Win, Wiwin
|
|
Description |
Abstrak: Penelitian ini membahas ketidaksantunan berbahasa, tujuan penelitian ini adalah (1) jenis-jenis ketidaksantunan berbahasa yang digunakan di dalam kelas saat pembelajaran bahasa Indonesia antara guru dengan siswa, (2) mendeskripsikan wujud bahasa dan maksud bahasa kesembronoan, wujud bahasa dan maksud bahasa memain-mainkan muka, wujud bahasa dan maksud melecehkan muka. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian yang dihasilkan berupa kata-kata atau kalimat yang dituturkan guru dan siswa di dalam kelas saat pelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah (1) Perekaman, (2) Pengecekan Rekaman Video, (3) Transkip Data, (4) Analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketidaksantunan di dalam kelas sering terjadi antara guru dan siswa saat pembejalaran berlangsung.Kata kunci: ketidaksantunan berbahasa Indonesia, pembelajaran, konteks tuturan
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-07-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6980
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6980/5748
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|