Record Details

Pengaruh Kemampuan Afeksi Terhadap Ketrampilan Membaca Fiksi dan Non Fiksi Siswa Kelas VII MtS Bustanul Ulum Malang

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Kemampuan Afeksi Terhadap Ketrampilan Membaca Fiksi dan Non Fiksi Siswa Kelas VII MtS Bustanul Ulum Malang
 
Creator Pratiwi, Ananda Dwi
 
Description ABSTRAK: Kemampuan belajar afeksi pada umumnya menghadapkan siswa pada situasi yang mengandung konflik dan pengajar dapat membina dalam menyelsesaikan masalah tersebut sesuai dengan tingkatan nilai kemampuan masing-masing peserta didik. Namun tidak juga pembelajaran harus dilakukan dengan cara individual, melainkan dibutuhkan suatu alternative pembelajaran yang memungkinkan terpenuhinya semua atau seluruh kebutuhan individu peserta didik.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik baik yang ada pada dirinya maupun dari lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang turut mempengaruhi prestasi belajar peserta didik, salah satunya adalah kemampuan afeksi siswa yang bisa disebut dengan gaya belajar. Gaya belajar merupakan bagian dari karakteristik individu untuk berpikir, memproses, dan mengerti suatu informasi dengan cara-cara yang lebih disukai (Ghufron dan Risnawati, 2012)Penelitian ini  bertujuan mendeskripsikan (1) untuk mengetahui penggunaan kemampuan afeksi siswa kelas VII, (2) mengetahui keterampilan membaca teks fiksi siswa kelas VII, (3) mengetahui keterampilan membaca teks nonfiksi siswa kelas VII,(4) untuk mengetahui pengaruh penggunaan kemampuan afeksi terhadap keterampilan membaca teks fiksi dan nonfiksi siswa kelas VII MTS Bustanul Ulum Malang.  untuk mengetahui kemampuan belajar siswa menggunakan kemampuan afeksi. Kemampuan afeksi ini merupakan kemampuan belajar siswa, dalam  meredakan kecemasan, memotivasi diri mengapresiasi diri sendiri, mengendalikan emosi.Kata-kata kunci: kemampuan belajar siswa, kemampuan    afeksi, keterampilan membaca teks fiksi dan keterampilan membaca teks nonfiksi.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-08-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8029
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8029/6617
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/8029/933
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran