Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA KELAS VIII SMP NEGERI 04 SATU ATAP MUKOK KABUPATEN SANGGAU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL PADA KELAS VIII SMP NEGERI 04 SATU ATAP MUKOK KABUPATEN SANGGAU
 
Creator Rasid, Muhammad
Surahmat, Surahmat
Faradiba, Surya Sari
 
Description Abstrak : Sistem persamaan linear dua variabel merupakan materi di sekolah tingkat menengah pertama yang mudah dihubungkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, masih ada temuan yang menunjukkan kesulitan maupun kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Ketidakyakinan siswa terhadap kemampuannya menyelesaikan masalah diduga menjadi penghambat bagi siswa, namun perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau materi sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari self-efficacy. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Satu Atap Mukok Kabupaten Sanggau  tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 19 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah, kuisioner self-efficacy, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang bersifat positif. Artinya semakin tinggi self-efficacy peserta didik maka akan semakin tinggi pula kemampuam pemecahan masalah matematisnya, besar pengaruhnya. Sedangkan pada hasil tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari self-efficacy peserta didik diperoleh: pertama pada klasifikasi tingkat self-efficacy tinggi diperoleh nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 87 yang tergolong pada kategori tinggi; kedua pada klasifikasi tingkat self-efficacy sedang diperoleh nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 72 yang tergolong pada kategori sedang; ketiga pada klasifikasi tingkat self-efficacy rendah diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 59 yang tergolong pada kategori rendah.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-efficacy, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2022-03-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15558
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15558/11781
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran