Record Details

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FULLY ONLINE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCREENCAST O MATIC DAN KAHOOT PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs. TMI PUJON

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FULLY ONLINE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCREENCAST O MATIC DAN KAHOOT PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs. TMI PUJON
 
Creator Putri, Lutfa Arini Isnaini
Abidin, Zainal
Setiawan, Yayan Eryk
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan,  serta hasil uji coba  pengembangan model pembelajaran fully online learning dengan menggunakan aplikasi Screencast O Matic dan media kahoot pada materi peluang untuk peserta didik kelas VIII MTs. TMI Pujon. Penelitian ini merupakan penelitia pengembangan dengan desain model pengembangan 4D. Sampel dalam penelitian pengembangan ini adalah pendidik matematika dan peserta didik kelas VIII MTs. TMI Pujon. Subjek dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli desain pembelajaran, ahli pembelajaran, ahli media, ahli praktisi, user pendidik, dan user  peserta didik sebanyak 10 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapat dari skor yang telah diperoleh dari angket validasi produk dan data kualitatif didapat dari komentar dan saran pada angket validasi produk. Dari hasil penelitian, pada analisis kebutuhan dari 2 pendidik dan 68 peserta didik diperoleh presentase berturu- turut sebesar 86% dan 84% dengan kesimpulan bahwa pendidik dan peserta didik setuju dengan pengembangan model pembelajaran fullty online learning serta membutuhkan video pembelajaran berbasis screencast o matic dan latihan soal yang menarik melalui media kahoot. Dari hasil penilaian para ahli memperoleh rata-rata sebesar 4,5. Sedangkan untuk user pendidik matematika dan 10 pesrta didiki kels VIIIi MTs. TMI Pujon mendapatkan rata-ratal sebesr 4,7. Pencapaian rata-rata penilaian keseluruhan sebesar 4,6. Sehingga daril hasili tersbut dapat disimpulkan bahwal produk buku pengembangan model pembelajaran fully online learning dengan menggunakan aplikasi screencast o matic dan media Kahoot dinyatakan valid dan layak digunakan.Kata kunci: pengembangan, model pembelajaran fully online learning, screencast o matic dan kahoot
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13199
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13199/10335
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/13199/1692
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran