Record Details

PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL PESERTA DIDIK
 
Creator Jannah, Hilyatul
Fathani, Abdul Halim
Fuady, Anies
 
Description Abstrak : Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan matematika yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan dan merupakan salah satu aspek penting yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan komunikasi matematis dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam diri peserta didik salah satunya yaitu kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan tingkat kecerdasan interpersonal dan intrapersonal yang dimiliki peserta didik. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu subjek dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs NU Menara Bawean, dengan subjek penelitian sebanyak 9 peserta didik, dengan satu peserta didik diantaranya memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal tinggi, satu peserta didik memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dan intrapersonal sedang. satu peserta didik dengan kecerdasan interpersonal tinggi dan intrapersonal rendah, satu peserta didik dengan kecerdasan interpersonal sedang dan intrapersonal tinggi, satu peserta didik dengan tingkat kecerdasan interpersonal dan intrapersonal sedang, satu peserta didik dengan kecerdasan interpersonal sedang dan intrapersonal rendah, satu peserta didik dengan kecerdasan interpersonal rendah dan intrapersonal Iinggi, satu peserta didik dengan kecerdasan interpersonal rendah dan intrapersonal sedang, dan satu peserta didik memiliki tingkat kecerdasan rendah pada interpersonal dan intrapersonal. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara. Berdasarkan deskripsi dan hasil analisis data dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Interpersonal
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2022-01-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14660
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14660/11008
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran