Record Details

Nilai Religius Dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Nilai Religius Dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia
 
Creator Hedi Prasetyo M. Salem, Angga
 
Description Abstrak: Novel merupakan suatu obyek pembelajaran yang tepat dan dapat menyampaikan isi pesan dan kesan berupa nilai-nilai penting terkususnya nilai religius. Novel dapat menghadirkan pemikiran-pemikiran yang posistif tentang suatu kehidupan yang menggambarkan sikap religius pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan representasi religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, 2) Menjelaskan simbol religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, 3) Menjelaskan makna religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia.Nilai Religius yang terdapat dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia mewakili setiap orang merasakan nilai-nilai religus, baik secara praktik dalam kehidupan sehari-hari, serta kehidupan beragama untuk menyempurnakan nilai religius di dalam diri secara batin maupun dhohir yang mendapatkan rasa kepuasan dalam hidup. Sehingga seorang yang melakukan praktik tersebut tertuang dalam karya akan terlihat jelas dari hasil karyanya, apalagi karya sastra yang sering kali terrepresentasi dari dirinya. Nilai religius yang menjadi tolok ukurnya ada pada teks bentuk deskripsi, narasi, serta dialog yang menjadi pemahaman yang ada pada novel tersbut. Di pandang dari latar belakang penulis, serta pembaca memberikan pendapat bahwa karya sastra ini terkandung nilai religius.Fokus penelitian ini yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: Nilai Religius dalam novel  Bibadari Berbisik karya Asma Nadia yang dijabarkan menjadi tiga bagian yaitu; (1) representasi religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, (2) simbol religius dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, Makna riligius dalam novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia. Berkaitan dengan fokus penelitian tersebut peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan pembahasaan bentuk nilai religius yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber utama dalam penelitian ini berupa monolog, narasi, tokoh, dan dialog yang terdapat dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, yang diterbitkan oleh Republika Penerbit pada tahun 2020 di Jakarta Selatan yang terdiri dari 5 bab dan terdiri dari 25 sub-bab judul sehingga pada novel ini memiliki 301 halaman. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan melakukan pemaknaan pada novel secara saksama.Hasil dari penelitian ini adalah Representasi Religius dalam Novel Bidadari Berbisik, Simbol Religius dalam Novel Bidadari Berbisik, Makna Religius dalam Novel Bidadari Berbisik. Dalam penelitian ini menggambarkan pada pembaca tentang nilai religius yang merupakan suatu cerminan bagi para pembaca, bahwa didalam kehidupan nyata sering sekali kita jumpai adanya nilai religius. Maka pemahaman tentang nilai-nilai religius didalam kehidupan nyata sangatlah penting bagi umat manusia. Dengannya tujuan peneliti mendeskripsikan nilai religius yang terkandung dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia ditujukan agar pembaca dapat mencerminkan nilai religius yang terkandung dalam novel tersebut. Kata Kunci: Novel, Nilai Religius, Bidadari Berbisik
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11092
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11092/9541
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/11092/1359
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran