Record Details

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA KELAS XI DALAM MEMPRODUKSI CERPEN DI SMA NEGERI 3 MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA KELAS XI DALAM MEMPRODUKSI CERPEN DI SMA NEGERI 3 MALANG
 
Creator Cahyanti, Heny Ima Dwi
 
Description Abstrak: Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Seiring perkembangan teknologi dan saat ini manusia berada pada Revolusi Industri 4.0, membuat ranah pendidikan beralih dari kegiatan pembelajaran yang konvensional menjadi digital. Untuk itulah media pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman dan teknologi menuntut guru untuk memfasilitasi belajar siswa secara digital, interaktif, menyenangkan, dan siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Oleh karena itu dikembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berupa aplikasi untuk mendukung kemampuan metakognisi siswa dalam hal ini pada kegiatan pembelajaran menulis cerpen. Tujuan pengembangan adalah untuk memperoleh analisis kebutuhan media, rancangan dan pengembangan media, dan uji kelayakan media. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan R & D dengan model yang diadaptasi dari 4-D,  dengan tahapan: (1) analisis awal dan kebutuhan media, (2) merancang dan mengembangkan media, (3) uji kelayakan ahli dan revisi tahap I, (3) uji guru dan uji siswa, (4) revisi produk final, dan (5) diseminasi.Kata Kunci: media pembelajaran, interaktif,  Articulate Storyline, kemampuan metakognisi, cerita  pendek
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-09-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13154
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13154/10467
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran