Record Details

TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG
 
Creator Monica, Intan Dwi
 
Description    ABSTRAK : Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai bentuk Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Fungsi Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. dan Strategi Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang.            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Di sebut studi kasus karena peneliti berusaha mengkaji kasus khusus berdasarkan karekteristik guru bahasa Indonesia di sekolah inklusi. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti, yaitu dengan cara pengumpulan data dan menganalisis data. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar siswa-siswi inklusi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Adapun teknik analisis data meliputi mentranskipkan data (dari hasil yang sudah direkam dan ditulis sendiri), klasifikasi data, penafsiran dan penarikan kesimpulan.            Hasil penelitian tentang Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur asertif guru ada 3 yaitu pernyataan, pemberitahuan, dan penjelasan. Adapun fungsi yang ditemukan peneliti di sekolah inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang ada 5 yaitu, fungsi menyatakan, fungsi pemberitahuan, fungsi menyarankan, fungsi mngeluh, fungsi menuntut. dan Strategi yang didapat peneliti di sekolah inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang hanya menggunakan strategi langsung.Kata kunci : Tindak Tutur Asertif Guru, Sekolah Inklusi.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-08-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7986
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7986/6535
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran