TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
TINDAK TUTUR ASERTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH INKLUSI SMP MUHAMMADIYAH 2 MALANG
|
|
Creator |
Monica, Intan Dwi
|
|
Description |
ABSTRAK : Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai bentuk Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Fungsi Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. dan Strategi Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Di sebut studi kasus karena peneliti berusaha mengkaji kasus khusus berdasarkan karekteristik guru bahasa Indonesia di sekolah inklusi. Tahapan yang dilakukan oleh peneliti, yaitu dengan cara pengumpulan data dan menganalisis data. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar siswa-siswi inklusi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Adapun teknik analisis data meliputi mentranskipkan data (dari hasil yang sudah direkam dan ditulis sendiri), klasifikasi data, penafsiran dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Tindak Tutur Asertif Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur asertif guru ada 3 yaitu pernyataan, pemberitahuan, dan penjelasan. Adapun fungsi yang ditemukan peneliti di sekolah inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang ada 5 yaitu, fungsi menyatakan, fungsi pemberitahuan, fungsi menyarankan, fungsi mngeluh, fungsi menuntut. dan Strategi yang didapat peneliti di sekolah inklusi SMP Muhammadiyah 2 Malang hanya menggunakan strategi langsung.Kata kunci : Tindak Tutur Asertif Guru, Sekolah Inklusi.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7986
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/7986/6535
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|