Record Details

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL PENGAMATAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 7 SMP SLB EKA MANDIRI BATU

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL PENGAMATAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS 7 SMP SLB EKA MANDIRI BATU
 
Creator SARI, NINDA NOVITA
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil pengamatan dengan media gambar pada siswa kelas 7 SMP SLB Eka Mandiri Batu dan 2) mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7 SMP SLB Eka Mandiri Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas 7 SLB. Sedangkan objek penelitian ini adalah media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan. Data dalam penelitian ini bersumber dari rencana pelaksanaan pembelajaran teks laporan hasil pengamatan dengan media gambar, dan penggunaan media gambar dalam pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7 SMP SLB Eka Mandiri Batu. Penelitian ini dilakukan di SLB Eka Mandiri Batu yang bertempat di Jln. Terusan Kasiman No.2 B,, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Hasil penelitian ada dua, hal penting. (1) Guru telah menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks laporan hasil pengamatan untuk pembelajaran tatap muka. Komponen RPP meliputi identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, sumber pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.  ( 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan jenis media gambar (visual) untuk pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada anak tunagrahita kelas 7. Simpulan hasil penelitian adalah dalam pelaksanaan pembelajaran, guru telah menyusun RPP untuk materi laporan hasil pengamatan  dengan komponen lengkap dan guru menggunakan media gambar (visual) jenis kartun untuk pembelajaran teks laporan hasil pengamatan pada siswa kelas 7 SMP SLB Eka Mandiri Batu.Kata kunci: penggunaan media gambar, teks laporan hasil pengamatan, anak tunagrahita  
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2022-01-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14879
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/14879/11157
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/14879/2005
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran