Record Details

Konflik Batin Pada Tokoh Awan dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Marchella F.P (Kajian Psikologi Sastra)

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Konflik Batin Pada Tokoh Awan dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Marchella F.P (Kajian Psikologi Sastra)
 
Creator Putri, Anissa Triwinarni
 
Description Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik batin tokoh Awan, mulai dari bentuk, upaya sang tokoh dalam mengatasi permasalahan dan aspek yang dianggap mempengaruhi adanya konflik batin pada tokoh dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra yang menggambarkan kejiwaan tokoh dalam karya sastra. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang mana menggambarkan dan mengunggkap fakta suatu kejadian. Sumber data yang digunakan berupa hasil alih wahana film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella F.P. Data penelitian berupa kutipan narasi, monolog tokoh, penggambaran suasana dalam cerita yang kemudian dideskripsikan sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian pada fokus penelitian, menunjukkan bahwa bentuk konflik batin tokoh Awan berupa perasaan depresi, obsesi, cemas, rasa bersalah dan frustasi. Kelima bentuk tersebut dipengaruhi oleh aspek id, ego dan superego yang dimiliki oleh Awan di dalam batinnya. Dari berbagai macam bentuk konflik batin dan aspek yang mempengaruhi, terdapat pula upaya-upaya Awan dalam mengatasi permasalahan yang dialaminya. Segala pergejolakan dalam batinnya sebagai tangga menuju kedewasaannya ini, membantu Awan dalam memperbaiki sikap maupun sifatnya yang sempat melakukan pemberontakan terhadap sang Ayah. Perasaan-perasaan menuju dunia luar orang dewasa yang sebelumnya mencegahnya untuk lebih berpetualang, kini sudah mampu dilepaskan dan merasakan proses menjadi orang dewasa seutuhnya.Kata Kunci: sastra, psikologi, konflik batin, tokoh, dan film NKCTHI.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2022-03-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15627
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15627/11913
 
Rights Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran