Record Details

Gaya Bahasa dan Diksi Penyiar Radio Kencana FM Malang dalam Program #Sore

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Gaya Bahasa dan Diksi Penyiar Radio Kencana FM Malang dalam Program #Sore
 
Creator Chotimah, Khusnul
 
Description Abstrak: Penyiar dituntut cakap, mampu menyesuaikan diri,berpikir cepat dan tak kenal lelah, vokal penyiar juga harus bervarietas unggul, sehingga penyiar harus mempunyai kecakapan serta keahlian dalam mengolah kata-kata dalam bersiaran agar pesan dapat ditangkap serta mudah dipahami oleh pendengar dan menghindari kesalahpahaman persepsi mengenai informasi yang disiarkan. Untuk lebih meningkatkan jumlah pendengar tentu perlu ada perbaikan. Radio Kencana yang tergolong radio kalangan anak muda maka dalam menggunakan bahasa dan mengolah kata ini juga mengikuti perubahan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gaya bahasa penyiar dalam menyampaikan informasi pada program #Sore di Radio Kencana FM Malang, (2) diksi atau pilihan kata yang digunakan penyiar radio dalam program #Sore di Radio Kencana FM Malang. Metode yang digunakan yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik rekam, transkip, dan analisis. Hasil penelitian ini mencakup gaya bahasa dan diksi atau pilihan kata. Hasil penelitian yang telah ditemukan melalui rekaman radio, peneliti menganalisis kedua hal tersebut. Pada gaya bahasa peneliti menemukan lima hasil penelitian yaitu gaya bahasa resmi, gaya bahasa tak resmi, gaya percakapan, gaya sederhana, dan gaya menengah. Pada penelitian diksi atau pilihan kata, peneliti menemukan tiga hasil penelitian yaitu menghindari kata ciptaan sendiri, waspada penggunaan akhiran asing, dan kata kerja yang menggunakan kata depan. Kata Kunci: gaya bahasa, diksi, penyiar
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12162
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12162/9572
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran