Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 SUMENEP

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 SUMENEP
 
Creator Rahmah, Azmiatur
Walida, Sikky El
Fuady, Anies
 
Description Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki tingkat self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah pada materi Statistika kelas VIII SMP Negeri 6 Sumenep. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu subjek dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sumenep dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik dengan self regulated learning tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang sangat baik karena dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis; (2) peserta didik dengan self regulated learning sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang baik karena dapat memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis; dan (3) peserta didik dengan self regulated learning rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang kurang baik karena hanya memenuhi satu dari empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Regulated Learning, Statistika.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-11-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13931
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13931/10708
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran