KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE DAN GENDER
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM KOORDINAT SISWA KELAS VIII SMP DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE DAN GENDER
|
|
Creator |
Handayani, Firda
Mustangin, Mustangin Khairunnisa, Gusti Firda |
|
Description |
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi sistem koordinat siswa kelas VIII SMP ditinjau dari self confidence dan gender. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII B SMP Islam Ma’arif 02 Malang yang dipilih dengan kriteria sebagai berikut: (1) tiga siswa laki-laki masing-masing dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah; (2) tiga siswa perempuan masing-masing dengan tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket self confidence, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah, Subjek laki-laki dengan self confidence tinggi mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, merumuskan masalah atau menyusun model matematika, dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. Subjek perempuan dengan self confidence tinggi mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, merumuskan masalah atau menyusun model matematika, menerapkan strategi menyelesaikan masalah, dan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian. Subjek laki-laki dan perempuan dengan self confidence sedang mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, merumuskan masalah atau menyusun model matematika, menerapkan strategi menyelesaikan masalah. Subjek laki-laki dengan self confidence rendah hanya mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan, menerapkan strategi menyelesaikan, dan menjelaskan atau menginterpretasikan hasil penyelesaian. Subjek perempuan dengan self confidence rendah hanya mampu memenuhi indikator mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, ditanyakan dan kecukupan unsur yang diperlukan dan menerapkan strategi untuk menyelesaikan.Kata Kunci: pemecahan masalah matematika, sistem koordinat, self confidence, gender
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
Universitas Islam Malang
|
|
Date |
2021-06-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
application/pdf |
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10739
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10739/8787
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/10739/8789 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|