Record Details

PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMAN 2 TRENGGALEK
 
Creator -, PRASODJO -
 
Description Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh kemampuan berpikir kritis dan metakognitif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X yang meliputi (1) kemampuan berpikir kritis, metakognitif dan hasil belajar, (2) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas X (3) pengaruh kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X dan (4) pengaruh kemampuan berpikir kritis dan metakognitif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ekspos fakto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 dan 5 SMAN 2 Trenggalek dengan teknik penyampelan cluster random sampling. Data dikumpulan lewat teknik keusioner dan dokumentasi guru berupa hasil nilai siswa.  Hasilnya dianalisis dengan teknik statistik Two Way ANOVA. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) kemampuan berpikir kritis siswa (∑skor=4054), kemampuan metakognisi siswa (∑skor=3965) dan hasil belajar siswa(∑skor=4019)  (2) terdapat pengaruh pada kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan nilai Sig  = 0,00 < 0,05, (3) terdapat pengaruh pada kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar dengan niali Sig  = 0,00 < 0,05 dan (4) pada tabel tukey tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang ditandai tidak ada nilai signifikansi pada keduanya sebesar 0,00>0,05 terdapat perbedaan yang siginfikan pada kemampuan metakognitif terhadap hasil belajar yang ditandai dengan nilai signifikansi pada keduanya sebesar 0,00>0,05. Dapat disimpulkan kemampuan metakognitif lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa daripada kemampuan berpikir kritis.Kata Kunci : pengaruh, metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-08-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8095
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8095/6634
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran