ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)
|
|
Creator |
Satriyan, Fani Dwi
|
|
Description |
AbstrakKemampuan pemecahan masalah matematis merupakan suatu kemampuan matematis yang penting dan perlu di kuasai oleh peserta didik yang belajar matematika. Kemampuan berpikir peserta didik dapat ditumbuhkembangkan melalui pemecahan masalah, dengan pemecahan masalah seseorang akan dituntut berpikir secara sistematis, kritis, logis, serta memiliki sikap pantang menyerah untuk menemukan solusi dalam masalah yang dihadapinya. Dalam memecahkan masalah peserta didik memerluka mamotivasi berprestasi sebagai pendorong agar membuat peserta didik kembali memiliki gairah dalam pembelajaran dan mampu menguasai kemampuan pemecahan masalah matematis. Motivasi berprestasi juga berperan agar peserta didik dapat mencapai tujuan belajar dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang mempunyai motivasi berprestasi tingkat tinggi, sedang dan rendah peserta didik pada materi sistem persamaan linier duavariabel (SPLDV). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara Purposive (bertujuan). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Al Huda Wajak kelas VIII yang berdomisili di lingkungan daerah Wajak yang telah mendapatkan materi SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes, dan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi teknik untuk menguji kredibilitas/validasi data dengan membandingkan kemampuan pemecahan masalah dari hasil tes dan wawancara. Hasil Peelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik 2 subjek dengan klasifikasi motivasi berprestasi tinggi juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi dalam menyelesaikan soal uraian. Hal ini ditunjukkan dengan subjek 1 dan 2 mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik yaitu memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa atau melihat hasil kembali. Peserta didik 2 subjek dengan klasifikasi motivasi berprestasi sedang juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sedang dalam menyelesaikan soal uraian. Hal ini ditunjukkan dengan subjek 3 dan 4 dalam menyelesaikan soal uraian SPLDV yang diberikan, mampu memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik yaitu merencanakan strategi penyelsaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa atau melihat hasil kembali. Peserta didik subjek 5 dan 6 dengan klasifikasi motivasi berprestasi rendah juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah dalam menyelesaikan soal uraian. Hal ini ditunjukkan dengan subjek 5 dan 6 dalam menyelesaikan soal uraian SPLDV yang diberikan, mampu memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu merencanakan strategi penyelesaian dan melaksanakan penyelesaian. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Berprestasi, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SDPLV)
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15641
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/15641/11847
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|