Record Details

REPRESENTASI TINDAKAN DISKRIMINATIF TOKOH UTAMA WANITA DALAM FILM IMPERFECT KARYA ERNEST PRAKASA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title REPRESENTASI TINDAKAN DISKRIMINATIF TOKOH UTAMA WANITA DALAM FILM IMPERFECT KARYA ERNEST PRAKASA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
 
Creator Lasiami, Prilsila Krisanti
 
Description Abstrak: Karya sastra novel yang dialihwahanakan menjadi film menjadi representasi di dalam kehidupan sehari-hari yang digambarkan melalui tindakan diskriminatif melalui perkataan dan tindakan. Representasi tindakan diskriminatif yang ingin disampaikan terhadap pembaca tentang bentuk representasi tindakan diskriminatif, penyebab representasi tindakan diskriminatif, dan implikasi representasi tindakan diskriminatif dalam pembelajaran sastra yang sebagai objek utama karya sastra yang diceritakan dalam film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian kualitatif dilakukan untuk menganalisis data yang berupa bentuknya penjelasan ataupun deskripsi pada transkip film Imperfect karya Ernest Prakasa. Penelitian yang bentuknya deskriptif berupa kata-kata dari transkip film Imperfect yang digunakan untuk menggambarkan tentang representasi tindakan diskriminatif tokoh utama wanita dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa dan implikasinya dalam pembelajaran sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi tindakan diskriminatif pada film Imperfect terbagi atas (1) bentuk tindakan diskriminatif pada tokoh Rara direpresentasikan dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa yaitu berupa diskriminasi verbal dan diskriminasi penghindaran, (2) penyebab terjadinya tindakan diskriminatif pada tokoh Rara direpresentasikan dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa yaitu berupa mekanisme pertahanan psikologi, mengalami rasa tidak selamat dan rendah diri, sejarah, persaingan dan eksploitasi, (3) implikasi tindakan diskriminatif pada tokoh Rara direpresentasikan dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa dalam pembelajaran sastra yaitu berupa bahan ajar teks ulasan pada Sekolah Menengah Petama terdapat dalam SKKD serta RPP yang memiliki Kompetensi Dasar 3.12 Menelaah strukturĀ  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca, dan 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasanĀ  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.Kata kunci: representasi, tindakan diskriminatif
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2021-07-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12087
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12087/9451
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran