REPRESENTASI TINDAKAN DISKRIMINATIF TOKOH UTAMA WANITA DALAM FILM IMPERFECT KARYA ERNEST PRAKASA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
REPRESENTASI TINDAKAN DISKRIMINATIF TOKOH UTAMA WANITA DALAM FILM IMPERFECT KARYA ERNEST PRAKASA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
|
|
Creator |
Lasiami, Prilsila Krisanti
|
|
Description |
Abstrak: Karya sastra novel yang dialihwahanakan menjadi film menjadi representasi di dalam kehidupan sehari-hari yang digambarkan melalui tindakan diskriminatif melalui perkataan dan tindakan. Representasi tindakan diskriminatif yang ingin disampaikan terhadap pembaca tentang bentuk representasi tindakan diskriminatif, penyebab representasi tindakan diskriminatif, dan implikasi representasi tindakan diskriminatif dalam pembelajaran sastra yang sebagai objek utama karya sastra yang diceritakan dalam film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian kualitatif dilakukan untuk menganalisis data yang berupa bentuknya penjelasan ataupun deskripsi pada transkip film Imperfect karya Ernest Prakasa. Penelitian yang bentuknya deskriptif berupa kata-kata dari transkip film Imperfect yang digunakan untuk menggambarkan tentang representasi tindakan diskriminatif tokoh utama wanita dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa dan implikasinya dalam pembelajaran sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi tindakan diskriminatif pada film Imperfect terbagi atas (1) bentuk tindakan diskriminatif pada tokoh Rara direpresentasikan dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa yaitu berupa diskriminasi verbal dan diskriminasi penghindaran, (2) penyebab terjadinya tindakan diskriminatif pada tokoh Rara direpresentasikan dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa yaitu berupa mekanisme pertahanan psikologi, mengalami rasa tidak selamat dan rendah diri, sejarah, persaingan dan eksploitasi, (3) implikasi tindakan diskriminatif pada tokoh Rara direpresentasikan dalam film Imperfect karya Ernest Prakasa dalam pembelajaran sastra yaitu berupa bahan ajar teks ulasan pada Sekolah Menengah Petama terdapat dalam SKKD serta RPP yang memiliki Kompetensi Dasar 3.12 Menelaah strukturĀ dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca, dan 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasanĀ secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.Kata kunci: representasi, tindakan diskriminatif
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-07-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12087
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12087/9451
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|