Record Details

PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI FIRING LINE PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP DARUT TAQWA

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI FIRING LINE PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP DARUT TAQWA
 
Creator Merita, Natalia Dwi
 
Description Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi Firing Line dengan peserta didik dalam memakai model pembelajaran konvensional pada materi himpunan, (2) Untuk mengetahui perbedaan minat belajar peserta didik antara peserta didik yang memakai strategi Firing Line dengan peserta didik dalam memakai model pembelajaran konvensional pada materi himpunan., (3) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis dan minat belajar peserta didik melalui strategi Firing Line pada materi himpunan dan (4) Untuk mendeskripsikan hasil analisis data kuantitatif dan data kualitatif yang menggunakan pemahaman konsep matematis dan minat belajar peserta didik melalui strategi Firing Line pada materi kubus himpunan. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mixed methods) dengan jenis penelitian sequential explanatory, yaitu metode penelitian yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Penelitian ini menggunakan quasy experimental, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan strategi Firing line dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Data kuantitatif diperoleh melalui soal tes pemahaman konsep dan angket minat belajar. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji normalitas, sedangkan pengumpulan data kualitatif diperoleh dari wawancara, observasi, dan catatan lapangan untuk mendukung data kuantitatif. Berdasarkan analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara didapatkan hasil analisis data wawancara peserta didik kelas eksperimen memenuhi indikator pemahaman konsep matematis dan minat belajar.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2020-08-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8435
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8435/6993
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran