Record Details

PENERAPAN KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN MULTIPLE SOLUTION TASK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF 02 SINGOSARI

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN KOLABORASI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN MULTIPLE SOLUTION TASK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII MTS AL-MA’ARIF 02 SINGOSARI
 
Creator Andriana, Dilya Intan
Nursit, Isbadar
Ilmi, Yuli Ismi Nahdiyati
 
Description Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII MTs Al-Ma’arif 02 Singosari.Dalam penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task, hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan guru dalam proses kegiatan guru baik dalam siklus I dan II dimana terjadi peningkatan persentase ketuntasan tindakan yakni dari 82,85% menjadi 94,28% dengan kriteria sangat baik. Dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa siklus I yang masih tergolong baik dengan keberhasilan tindakan 79,31% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase keberhasilan tindakan menjadi 87,92% yang tergolong dalam kriteria sangat baik Dan dilihat pada tes akhir siklus II dimana siswa ada peningkatan dari hasil tes akhir siklus I semua persentase ketuntasan belajar siswa. Peningkatan rata-ratanya yaitu siklus I 64,74%menjadi 88,26%. disiklus II dan belajar pun ada peningkatan yakni dari 22 siswa menjadi 30 siswa pada siklus II. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task termasuk metode pembelajaran yang membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terhadap materi SPLDV. Jadi, dengan penelitian ini, penerapan kolaborasi metode pembelajaran cooperative script dan multiple solution task bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Al Ma’arif 02 Singosari tahun ajaran 2018/2019 pada materi SPLDV.Kata Kunci: Metode Pembelajaran Cooperative Script, Metode Pembelajaran Multiple Solution Task, Kemampuan Pemecahan Masalah
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-07-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12158
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12158/9426
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran