Record Details

MODEL PEMBELAJARAN POE2WE BEBANTUAN E-MODULE MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA WIDYAGAMA MALANG

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MODEL PEMBELAJARAN POE2WE BEBANTUAN E-MODULE MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMA WIDYAGAMA MALANG
 
Creator Permatasari, Yuni Maulana
Alifiani, Alifiani
Fathani, Abdul Halim
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran POE2WE dengan bebantuan e-modul, mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran POE2WE, mendeskripsikan hasil dari pemahaman konsep matematika peserta didik dari penggunaan model pembelajaran POE2WE dengan bebantuan e-modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Widyagama Malang yang berjumlah 23 orang.Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari ini lembar observasi, soal tes, lembar catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep di kelas XI IPS SMA Widyagama Malang masih terbilang rendah. Hal ini dilihat dari nilai ulangan harian peserta didik yang berkaitan dengan pemahaman konsep terbilang cukup rendah dengan rata-rata 60,43 sedangkan KKM pada sekolah tersebut sebesar 75. Peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik materi integral tak tentu fungsi aljabar dengan model POE2WE bebantuan e-modul dapat dilihat dari hasil analisis data kualitatif antara lain kegiatan peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran (kegiatan peneliti), serta dari hasil analisis data kualitatif yaitu hasil tes akhir siklus. Dalam pelaksanaan penelitian ini terpacu pada indikator keberhasilan yaitu keterlaksanaan pembelajaran ≥80% , aktifitas peserta didik saat pembelajaran ≥80%, ketuntasan kemampuan pemahaman konsep ≥75 dan nilai rata-rata kelas ≥75.Kata kunci: Model pembelajaran POE2WE, E-Modul, Pemahaman Konsep
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-08-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12500
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/12500/9708
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran