Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR
 
Creator Anam, Ahmad Asyraful
Surahmat, Surahmat
Faradiba, Surya Sari
 
Description Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan cara yang dilakukan siswa untuk menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar dalam pembelajaran e-learning pada materi Statistika siswa kelas VIII-ICP MTs. Hasan Jufri Bawean; dan 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar dalam pembelajaran e-learning pada materi Statistika siswa kelas VIII-ICP MTs. Hasan Jufri Bawean. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs. Hasan Jufri Bawean sebanyak 22 siswa. Dan instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pokok bahasan statistika, serta pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) Cara-cara siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik). 2) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan gaya belajar siswa adalah: a) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar visual memperoleh nilai rata-rata 62,5 (kategori rendah); b) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar auditorial memperoleh nilai rata-rata 56,5 (kategori rendah);  dan c) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik memperoleh nilai rata-rata 61,5 (kategori rendah). Klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa didasarkan pada kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada pelajaran matematika di MTs. Hasan Jufri.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar, E-learning 
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-07-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11765
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/11765/9266
 
Rights Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran