KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI STRATEGI FORMULATE SHARE LISTEN CREATE DAN METODE SUGGESTOPEDIA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI STRATEGI FORMULATE SHARE LISTEN CREATE DAN METODE SUGGESTOPEDIA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL
|
|
Creator |
Lailiyyah, Syarifatul
|
|
Description |
Tujuan dilakukan penelitian ini sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan self confidence peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (4) Untuk mendeskripsikan keterkaitan antara hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu mix methods dengan desain sequential explanatory. Pada penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini sebanyak 206 peserta didik kelas VII SMPN 22 Malang dengan sampel penelitian VII-A dan VII-B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Sedang pada penelitian kualitatif teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari: tes, angket, lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan (lebih baik) kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan strategi FSLC dan metode suggestopedia dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, self confidence, dan strategi FSLC dan metode suggestopedia
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3804
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3804/3417
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|