Record Details

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI STRATEGI FORMULATE SHARE LISTEN CREATE DAN METODE SUGGESTOPEDIA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI STRATEGI FORMULATE SHARE LISTEN CREATE DAN METODE SUGGESTOPEDIA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL
 
Creator Lailiyyah, Syarifatul
 
Description Tujuan dilakukan penelitian ini sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan self confidence peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (4) Untuk mendeskripsikan keterkaitan antara hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu mix methods dengan desain sequential explanatory. Pada penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini sebanyak 206 peserta didik kelas VII SMPN 22 Malang dengan sampel penelitian VII-A dan VII-B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling.  Sedang pada penelitian kualitatif teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari: tes, angket, lembar observasi, lembar catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan (lebih baik) kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan strategi FSLC dan metode suggestopedia dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, self confidence, dan strategi FSLC dan metode suggestopedia
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3804
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3804/3417
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran