Record Details

PENERAPAN MODEL NESTED MENGGUNAKAN MEDIA ROTATING REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA MTs

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN MODEL NESTED MENGGUNAKAN MEDIA ROTATING REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SISWA MTs
 
Creator Rahman, Abd
 
Description Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Nested menggunakan media Rotating Review untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan berpikir kritis pada siswa MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Lengser Dharma Camplong yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Nested menggunakan media Rotating Review terdapat peningkatan kemampuan penalaran dan berpikir kritis peserta didik. Adapun hasil peningkatan tes akhir siklus adalah sebagai berikut: (1) persentase hasil tes akhir siklus pada siklus I diperoleh sebesar 64,70%, meningkat 23,56% pada siklus II yaitu 88,26%; (2) nilai rata-rata kelas pada siklus I diperoleh sebesar 73,18, meningkat 11,19 pada siklus II yaitu 84,37; (3) persentase hasil observasi kegiatan guru pada siklus I diperoleh sebesar 82,85%, meningkat 11,43% pada siklus II yaitu 94,28%; (4) persentase hasil observasi kegiatan peserta didik pada siklus I diperoleh sebesar 75,93%, meningkat 11,57% pada siklus II yaitu 87,5%; (5) persentase hasil wawancara peserta didik pada siklus I diperoleh sebesar 66,66%, meningkat 33,34% pada siklus II yaitu 100%.Kata Kunci: Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Nested, Media Rotating Review.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5902
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5902/4970
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran