Record Details

KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL COLLABORATIVE DAN STRATEGI INQUIRING MIND WANT TO KNOW PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL COLLABORATIVE DAN STRATEGI INQUIRING MIND WANT TO KNOW PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII
 
Creator Fauzi, Ahmad
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol dan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif peserta didik kelas VIII-B dan Kelas VIII-D. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 20. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 6 peserta didik. Berdasarkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 20 diperoleh nilai Sig kemampuan penalaran = 0,018 dan nilai Sig kemampuan pemecahan masalah = 0,011. Karena nilai Sig < 0,025 maka ditolak atau  diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model Collaborative dan startegi Inquiring Mind Want To Know dan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional pada materi statistika kelas VIII MTs Negeri Batu. Berdasarkan analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen 3 dari 3 subjek responden menunjukkan hasil yang sesuai dengan kemampuan dan pada kelas kontrol 2 dari 3 subjek responden menunjukkan hasil yang sesuai dengan kemampuan. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Collaborative dan Startegi Inquiring Mind Want To Know, Statistika
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3748
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3748/3406
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3748/329
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran