PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BAHASA INDONESIA PADA KOMPETENSI DASAR SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BAHASA INDONESIA PADA KOMPETENSI DASAR SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII
|
|
Creator |
pribadi, nur ainin kasturianing
|
|
Description |
ABSTRAK : Ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan semakin hari terus berkembang. Dengan terus berkembangnya media, menjadi sebuah tantangan bagi penyelenggara pendidikan. Pemanfaatan media bagi dunia pendidikan sangatlah berdampak baik, asalkan ada batasan-batasan dalam penggunaan media tersebut. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kualitas sumber daya rnanusia, maka dalam suatu pelaksanaannya berada dalam suatu proses yang dapat berlanjut dalam setiap jenis dantingkatan pendidikannya. Semua itu berkaitan dalam suatu perangkat pendidikan yang terpadu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku pengayaan Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar surat pribadi dan surat dinas untuk siswa SMP/MTS kelas VII. Spesifikasi produk yang diharapkan dalam pengembangan ini adalah buku pengayaan dengan karakteristik (1) wujud, (2) isi dan cakupan, (3) sistematika, (4) bahasa, (5) kegrafikan. Dengan adanya pengembangan buku pengayaan ini, diharapkan mampu mendukung program pembelajaran pada surat pribadi dan surat dinas. Langkah-langkah penelitian atau proses pengembangan ini terdiri atas kajian tentang temuan penelitian produk yang akan dikembangkan. Mengembangkan produk ini berdasarkan temuan tersebut. Melakukan uji coba kelompok kecilyang sesuai dengan latar di mana produk tersebut akan dipakai, dan melakukan revisi terhadap hasil uji coba kelompok kecil.Model pengembangan 4-D mempunyai empat tahapan pengembangan buku pengayaan bahasa Indonesia pada kompetensi dasar surat pribadi dan surat dinas untuk siswa SMP/MTS kelas VII, yaitu define, design, develop,dan disseminate atau diadaptasi menjadi model 4-P (model 4 P), yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, penyebaran. Teknik pengumpilan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa produk yang dikembangkan mendapat persentase 94,6% dari ahli materi, 85,7% dari ahli kegrafikan, 82,1% dari ahli bahasa, 85,4% dari praktisi, sedangkan dari angket respon sisw mndapatkan persentase 81,8% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan sudah valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.Kata-kata kunci: pengembangan, buku pengayaan, surat pribadi, surat dinas
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-01-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5724
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5724/4757
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|