PENGEMBANGAN INTERACTIVE DIGITAL BOOK BERMUATAN KEARIFAN LOKAL JAWA TIMUR MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS PROBLEM SOLVING
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENGEMBANGAN INTERACTIVE DIGITAL BOOK BERMUATAN KEARIFAN LOKAL JAWA TIMUR MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS PROBLEM SOLVING
|
|
Creator |
Nisa, Firdauzi
Sunismi, Sunismi Faradiba, Surya Sari |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan, dan (3) mendeskripsikan hasil uji coba dari pengembangan interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI. Model pengembangan yang digunakan yakni model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian pengembangan ini meliputi validasi ahli materi, satu ahli media, satu ahli desain, satu ahli praktisi dan sepuluh peserta didik kelas XI SMAN 6 Kota Malang sebagai pengguna (user). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dilakukan secara online. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif berupa komentar dan saran pada angket validasi produk dan data kuantitatif berupa penilaian skor pada angket validasi penilaian produk. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa interactive digital book bermuatan kearifan lokal Jawa Timur menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker berbasis problem solving pada materi program linear untuk peserta didik kelas XI yang divalidasi oleh ahli dan praktisi dengan tujuan mengetahui kualitas dan kevalidan produk yang dihasilkan. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik dan layak. Hal ini berdasarkan dari hasil validasi ahli, praktisi dan respon pengguna dengan perolehan rata-rata 4,3 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek. Kata Kunci: Interactive Digital Book, Kearifan Lokal Jawa Timur, Problem Solving.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-08-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8214
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8214/6825
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|