KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII
|
|
Creator |
Sofia, Azizatun
Rukmigarsari, Ettie El Walida, Sikky |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran M-APOS dan yang tidak menggunakan model pembelajaran M-APOS pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP MA’ARIF kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif yakni kelas VIII C dan kelas VIII E. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 20. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 12 siswa. Berdasarkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 20 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 untuk kemampuan pemahaman konsep dan Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05 untuk kemampuan penalaran, sehingga H0 ditolak. Artinya ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma dan limas. Penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahap kedua menghasilkan data kualitatif yang dapat mendukung, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif tentang kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Karena sama-sama terdapat perbedaan antara kuantitatif dan kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran M-APOS pada materi bangun ruang prisma dan limas terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Kata Kunci: kemampuan, pemahaman konsep, penalaran, model pembelajaran, M-APOS.
|
|
Publisher |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-07-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3826
|
|
Source |
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3826/3422
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3826/343 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
|
|