Record Details

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII
 
Creator Sofia, Azizatun
Rukmigarsari, Ettie
El Walida, Sikky
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran M-APOS dan yang tidak menggunakan model pembelajaran M-APOS pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP MA’ARIF kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif yakni kelas VIII C dan kelas VIII E. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 20. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 12 siswa. Berdasarkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 20 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 untuk kemampuan pemahaman konsep dan Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05 untuk kemampuan penalaran, sehingga H0 ditolak. Artinya ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma dan limas. Penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahap kedua menghasilkan data kualitatif yang dapat mendukung, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif tentang kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Karena sama-sama terdapat perbedaan antara kuantitatif dan kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran M-APOS pada materi bangun ruang prisma dan limas terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Kata Kunci: kemampuan, pemahaman konsep, penalaran, model pembelajaran, M-APOS.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2019-07-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3826
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3826/3422
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/downloadSuppFile/3826/343
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran