Record Details

KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MELALUI MODEL COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS

Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MELALUI MODEL COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (C-MID) PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS
 
Creator Hana, Nibrisatul
Supangken, Surahmat
Fathani, Abdul Halim
 
Description AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan matematis peserta didik Indonesia berdasarkan hasil analisis PISA 2018 serta penggunaan model pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif karena model pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan, mendeskripsikan kemampuan dan mendeskripsikan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol pada materi koordinat Kartesius kelas VIII MTs. Al Hidayah Karangploso. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest dan analisisnya menggunakan uji-t dua pihak dengan hasil terdapat perbedaan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperimen dan kontrol. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil analisis data kualitatif menunjukkan pencapaian indikator kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eskperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dengan demikian hasil data kualitatif dapat membuktikan, melengkapi, dan memperkuat hasil data kuantitatif kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata kunci: model cooperative-meaningful instructional design (C-MID), koneksi matematis, pemecahan masalah matematis.
 
Publisher Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
 
Contributor
 
Date 2020-02-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5914
 
Source Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran; Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
2337-6384
 
Language eng
 
Relation http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/5914/4918
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran